Mengenal Sejarah Kastil Indah Istana Air Taman Sari Yogyakarta

Siapa yang akan menyangkalkeindahan sebuah taman yang berada dan dikelilingi oleh danau yang menjadi salah satu tempat tertirah yang digunakan leh sang raja beserta ratunya di masa lampau ini? Ya, sebuah kastil indah istana air taman sari adalah spot yang tidak boleh dilewatkan ketika sedang berlubur di Jogja.

Ini merupakan salah satu tempat bersejarah yang akan selalu di kunjungi para turis dan wisatawan lokal untuk menikmati inahnya kastil istana air dan mempelajari kebudayaan leluhur. Ini merupakan salah satu tempat yang dijadikan sebagai tempat pemandian raja, ratu dan para pangeran serta putri kerajaan dan ini merupakan sejarah taman sari Yogyakarta.

Indah Istana Air Taman Sari Yogyakarta

Indah Istana Air Taman Sari Yogyakarta

Jika anda ingin mengakses taman sari maka hanya diperlukan jarak tempuh sekitar 15 menitan jika harus berjalan kaki atau melakukan perjalanan santai dari daerah Keraton Yogyakarta. Sedangkan jam buka taman sari Jogja adalh jam 08.00 hingga jam 14.00 dari hari senin hingga minggu atau boleh dikatakan taman sari ini akan selalu buka setiap hari.

Alamat taman sari Jogja ada di Jl. Taman, Kecamatan Keraton yang sebenarnya tidak terlalu jauh dari Keratn Yogyakarta sendiri. Sedangkan tiket masuk taman sari Yogyakarta ini adalah sejumlah Rp. 3.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 7.000 untuk wisatawan asing. Murah, bukan?

Pada awalnya, taman yang sebenarnya memiliki sebuah julukan berupa The Fragrant Garden ini adalah taman yang memiliki luas lahan 10 ha dan memiliki 57 buah bangunan yang berupa kolam pemandian, gedung, ejmabatan gantung dan juga lorong bawah air.

Tempat Yang Bisa di Kunjungi di Istana Air Taman Sari Yogyakarta

Di sekitar tempat wisata taman air Yogyakarta ini tentunya ada beberapa tempat yang cocok dalam itinerary paket wisata jogja yang bisa dikunjungi dan menjadi spot yang sering ramai oleh wisatawan. Berikut daftarnya:

Keraton Yogyakarta

Sebuah simbol dari Kerajaan dan Kejaan Yogyakarta dimasa lampau iniadalah salah satu spot yang bisa dinikmati dan sering dikunjungi. Ada banyak yang bisa di dapatkan dengan mengunjungi daerah keratan, beberapa diantaranya adalah dengan menikmati pemandangan bersejarah bangunan keraton lengkap dengan segala jenis koleksi beserta banyaknya museum. Letak keraton ini juga berada di pusat atau di daerah jantung Jogjakarta sendiri. Uniknya, anda bahkan diperbolehkan untuk melihat maupun mengikuti upacara aatu rutinitas adat yang kerap dilakukan para abdi dalam di keraton.

Alun – Alun Kidul

Jika anda ingin menikmati indahnya pesona Jogjakarta dimalam hari maka kiunjungilah alun-alun kidul. Dimana ada banyak wisatawan yang berada disini menikmati indahnya pesona malam ditaburi dengan indahnya taburan bintang-bintang malam. Disini ada banyak wisatawan yang duduk secara lesehan hanya untuk bercengkrama ria sembari menikmati beberapa makanan atau jajanan yang banyak ditemukan di dekat alun-alun kidul tersebut.

Museum Kereta Keraton

Ingin menikmati nuansa perjalanan bersejarah? Mengapa tidak mengunjungi museum kereta keraton yang berada di jl. Rotowijayan untuk melihat-lihat keindahan koleksi dari kereta kuda yng dimiliki oleh Keraton Jogja ini? Ada sekitar 22 buah kereta yang bisa anda nikmati keindahannya disni, bahkan saking bersejarahnya beberapa dari ke 22 kereta tersebut hingga kini masih tetap digunakan di dalam sebagian acara adat keraton.

Museum Sonobudoyo

Masih bertemakan museum, museum sonobudyono yang berada di dekat alun-alun utara keraton Yogyakarta ini memiliki puluhan ribu koleksi dari banyaknya warisan budaya yang dimiliki oleh bangsa kita. Museum ini bisa kalian kunjungi jam 8 pagi dari hari selasa hingga hari minggu.

Plaza Ngasem

Ini merupakan salah satu pasar hewan Ngasem yang terkenal, hingga akhirnya berubah menjadi Plaza Ngasem. Karena pasar hewan tersebut telah resmi dipindahkan ke jl. Bantul. Setelah dipindahkan, tempat ini dijadikan sebuah plaza dengan tampilan yang telah dimodivikasi. Banyak pertunjukan digelar disni atau hanya tempat untuk sekedar bersantai.